Jakarta – Direktorat Jenderal Imigrasi mencatat sebanyak 9.857 pemohon paspor dilayani di seluruh kantor imigrasi se-Indonesia pada hari pertama masuk kerja pasca libur Idulfitri 1446 H. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi, Saffar Muhammad Godam menegaskan bahwa pelayanan keimigrasian tetap berjalan optimal meski baru memasuki hari kerja usai libur panjang.
“Jajaran Ditjen Imigrasi hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke 12 kantor Imigrasi. Alhamdulillah, pelayanan sudah berjalan optimal, baik dari kesiapan petugas maupun sarana dan prasarana,” ujar Godam, Selasa (8/4/2025).
Tak hanya layanan paspor, Ditjen Imigrasi juga memastikan pelayanan visa dan izin tinggal tetap berjalan dengan baik. Tercatat, dari tanggal 28 Maret hingga 7 April 2025, jumlah permohonan visa mencapai 217.695 permohonan. Sementara itu, khusus pada tanggal 8 April 2025, terdapat 12.770 permohonan visa dan izin tinggal yang berhasil diselesaikan.
Godam juga menyoroti kinerja petugas imigrasi di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) bandara dan pelabuhan internasional selama periode libur dan cuti bersama Idulfitri serta Hari Raya Nyepi. Menurutnya, pelayanan tetap prima meski terjadi lonjakan aktivitas lalu lintas antarnegara.
“Petugas di tempat pemeriksaan Imigrasi juga menunjukkan performa yang sangat baik selama liburan panjang, mengingat tingginya lalu lintas di bandara dan pelabuhan internasional dalam periode tersebut,” ungkapnya.
Ditambahkan Godam, optimalisasi pemeriksaan keimigrasian juga didukung oleh penggunaan teknologi autogate yang mempercepat proses kedatangan dan keberangkatan penumpang, sehingga menghindari penumpukan di area pemeriksaan.
Sepanjang periode 28 Maret hingga 7 April 2025, tercatat sebanyak 1.623.369 perlintasan orang di seluruh TPI Indonesia.
“Kami memastikan bahwa seluruh permohonan yang diajukan selama periode libur tetap diproses dengan cepat, tepat, dan transparan. Pelayanan kepada masyarakat adalah prioritas utama kami, tanpa mengenal hari libur,” tutup Godam.